Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Pengelolaan Kelas dan Dukungan Teman Sebaya di SMKN 6 Dumai

Penulis

  • Suryani Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

DOI:

https://doi.org/10.57113/taz.v6i1.392

Kata Kunci:

Pengelolaan kelas, interaksi teman sebaya, hasilbelajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas dan interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar pendidikan agama islam siswa kelas X di SMK N 6 Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik sampling Jenuh yang terdapat pada non Probability. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket. Data dianalisis mengunnakan analisis regresi berganda dengan bantuan bantuan SPSS 21 for windows. Hasil penelitian menemukan bahwa pengelolan kelas berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMK N 6 Dumai.Interaksi teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMK N 6 Dumai. Pengaruh pengelolaan kelas dan interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar pendidikan agama islam siswa kelas X di SMK N 6 Dumai berkontribusi sebesar 68,5%.

Diterbitkan

2024-03-01

Terbitan

Bagian

Articles