Optimalisasi Hasil Belajar Melalui Peningkatan Minat dan Konsentrasi Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 5 Dumai
DOI:
https://doi.org/10.57113/taz.v6i1.391Kata Kunci:
minat, kosentrasi belajar, hasil belajarAbstrak
Dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah, siswa harus memiliki minat untuk belajar. Minat adalah keinginan kesukaan dan kemauan terhadap suatu hal konsentrasi belajar merupakan kemampuan memusatkan perhatian pada pelajaran. Hasil belajar siswa ialah sesuatu perlengkapan ukur buat memandang capaian seberapa jauh siswa bisa memahami modul pendidikan yang sudah di informasikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh minat dan konsentrasi belajar terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 5 Dumai. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada 169 siswa SMK Negeri Dumai. Data diolah menggunakan bantuan SPSS 21. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pengaruh minat dan konsenrasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 5 Dumai sebesar 18,2% dan sisanya 81,8% dipengaruhi oleh faktor lain.