Pengaruh Gaya Hidup Dalam Menunjang Motivasi Belajar Pada Mahasiswa PAI IAIN Kerinci
DOI:
https://doi.org/10.57113/taz.v6i1.357Abstrak
Motivasi belajar adalah hal penting dalam meningkatkan semangat belajar seseorang di kelas agar ilmu yang dipelajari bisa didapat dengan baik, di kalangan mahasiswa gaya hidup mereka terkadang menjamin terpenuhi dalam perkuliahan baik dari segi ekonomi, fashion yang dipakai sehari hari maupun aktivitas mereka selama perkuliahan,penulis tertarik melakukan penelitian ini karena masih belum terpecahkan apakah mereka yang serba ada didalam perkuliahan meningkat semangat pembelajaran di kelas atau malah sebaliknya. penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh gaya hidup dalam menunjang motivasi mahasiswa pai iain kerinci. penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data menyebarkan kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 32 responden dan data diolah menggunakan program spss.penelitian ini menemukan hasil bahwa terdapat pengaruh gaya hidup secara signifikan dalam menunjang motivasi mahasiswa sebesar 32,5% dengan bukti analisis data yakni uji validitas, reabilitas, normalitas, homogenitas dan uji regresi linier sederhana. dengan demikian hanya beberapa kalangan mahasiswa yang meningkat motivasi belajar mereka dengan mementingkan fashion and style saat kuliah dan di kalangan lain tidak mementingkan hal tersebut karena tidak berdampak apa-apa terhadap mereka.peneliti melihat seseorang dari aktivitas, minat dan opini .untuk peneliti selanjutnya agar bisa lebih detail dalam melakukan penelitian seperti dikalangan kampus kampus yang terdapat di indonesia apakah mereka juga mementingkan gaya hidup dalam perkuliahan atau tidak.
Referensi
Chaney, David, (2004), Lifestyle SebuahPengantar Komprehensif, Jalasutra,Yogyakarta.
Cleopatra, M. (2015). Pengaruh gaya hidup dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif.
Dimyati, M. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Featherstone, Mike, (2001), Postmodernisme dan Budaya Konsumen,Pustaka Pelajar,Yogyakarta.
Hasyim, Dardiri, (2010), Norma Penyelenggaraan Pendidikan Klasikal Berdasar Atas Hak Asasi Manusia, Universitas 17 Agustus 1945, Surabaya.
Ibrahim, Idy Subandi (Ed.), (2004), Lifestyle Ectasy, Jalasutra, Yogyakarta.: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2).
Mendari, A. S., & Kewal, S. S. (2015). Motivasi belajar pada mahasiswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 13(2).
Sardiman,A.M.2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta:Grafindo.
Sukardjo, M & Komarudin, U. (2010). Landasan Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers