Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Dan Kepedulian Orang Tua Terhadap Perilaku Belajar Siswa Di Smk Taruna Persada Dumai
DOI:
https://doi.org/10.57113/wib.v2i2.223Kata Kunci:
Komunikasi interpersonal guru, kepedulian orang tua, perilaku belajar siswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh komunikasi interpersonal guru terhadap perilaku belajar siswa di SMK Taruna Persada Dumai (2) Pengaruh kepedulian orang tua terhadap perilaku belajar siswa di SMK Taruna Persada Dumai (3) Pengaruh komunikasi interpersonal guru dan kepedulian orang tua terhadap perilaku belajar siswa di SMK Taruna Persada Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrument penelitian ini bertempat di SMK Taruna Persada Dumai. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas sepuluh yang terdiri dari jurusan Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Elektronika Industri, Kimia, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif 1, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif 2, Teknik Pengelasan, Teknik Instalasi Tenaga Listrik 1, Teknik Instalasi Tenaga Listrik 2, Perhotelan, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, dan Teknik Informatika yang berjumlah 283 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui angket. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah : (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan komunikasi interpersonal guru terhadap perilaku belajar siswa di SMK Taruna Persada Dumai. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepedulian orang tua terhadap perilaku belajar siswa di SMK Taruna Persada Dumai. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan komunikasi interpersonal guru dan kepedulian orang tua secara serentak terhadap perilaku belajar siswa di SMK Taruna Persada Dumai.