Pemikiran Filosofis Pendidikan Islam (Rekontruksionisme)

Authors

  • Windayani Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

DOI:

https://doi.org/10.57113/wib.v3i1.279

Keywords:

Filosofi, rekontruksionisme, islam, pendidikan

Abstract

Filsafat adalah berfikir, bertanya, cinta, hikmah dan masih banyak lagi artinya yang lain. Sedangkan Filsafat Pendidikan Islam ialah pemikiran-pemikiran filosofis yang sistematis dan radikal, yang diambil dari sistem filsafat atau jawaban filosofis terhadap masalah pendidikan, yang dapat dijadikan pedoman bagi proses pendidikan yang didasarkan ajaran Islam. Rekonstruksianisme merupakan salah satu aliran pendidikan modern Aliran rekonstruksionisme berpendapat bahwa tugas penyelamatan dunia merupakan tugas semua umat manusia atau bangsa. Oleh sebab itu diperlukan pembinaan kembali daya intelektual dan spiritual yang sehat melalui pendidikan yang tepat atas nilai dan norma yang benar pula demi generasi sekarang dan generasi yang akan datang, sehingga terbentuk dunia baru dalam pengawasan umat manusia, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana rekontrusionisme pendidikan dalam menagatasi masalah yang dihadapi dunia, penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan untuk menghadapi masalah yang ada di dunia perlunya merekontruksionisme sistem pendidikan kearah modern sesuai dengan perkembangan zaman.

Downloads

Published

2023-02-04

How to Cite

Windayani. (2023). Pemikiran Filosofis Pendidikan Islam (Rekontruksionisme). Wibawa : Jurnal Manajemen Pendidikan , 3(1), 63–76. https://doi.org/10.57113/wib.v3i1.279