Pengaruh Motivasi Belajar dan Profesionalisme Guru Terhadap Hasil Belajar PAI (Studi terhadap Siswa SMA 7 Muhammadiyah, Sawangan Depok, Jawa Barat)
Abstract
Profesionalisme guru dapat dilihat dan dinilai sebagai dampak dan stimulus respon terhadap perilaku yang telah dilaksanakan dalam menjalankan tugasnya, apabila Motivasi dan profesionalisme pendidik sebagai guru belum sesuai dengan standart kompetensi maka dalam meningkatkan hasil belajar siswa di perlukan sebuah motivasi dan sikap yang professional. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh motivasi belajar dan profesionalisme guru tehadap hasil belajar SMA 7 Muhammadiah Sawangan Depok. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif yang bersifat koresional dengan mengumpulkan semua data yang berkaitan, meski ada beberapa data kualitatif sebagai faktor pendukung kevalidan data lainnya seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Data primer yang didapatkan secara langsung dari penyebaran kuisioner terhadap 115 responden. Sedangkan analisa yang dipakai menggunakan Analisis Deskriptif serta Analisis Regresi Linier Berganda dengan bantuan Sofware SPSS 21.0 Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara serentak motivasi belajar dan profesionalisme guru berpengruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, dengan kontribusi sebesar 58%. Artinya kontribusi ini cukup kuat.