Terbitan ini mengkaji berbagai faktor ekonomi dan sosial yang mempengaruhi keputusan pembelian, kesejahteraan, serta kepuasan konsumen dalam konteks ekonomi Islam dan bisnis lokal. Studi mengenai pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian batu bata serta bakso di Dumai memberikan wawasan tentang perilaku konsumen dalam memilih produk berbasis kebutuhan dan preferensi harga. Selain itu, penelitian tentang pendayagunaan zakat produktif dan efektivitas penyalurannya menyoroti dampaknya terhadap kesejahteraan mustahik di Unit Pengumpulan Zakat Kecamatan Bukit Kapur. Analisis mengenai kepuasan konsumen Muslim terhadap perumahan tipe 36 di PT. Miranda Cahaya Dewi mengulas bagaimana harga, lokasi, dan kualitas pelayanan berkontribusi terhadap kepuasan pelanggan. Kajian tentang usaha perkebunan nanas di Desa Tanjung Kuras meneliti peran sektor agribisnis dalam meningkatkan pendapatan keluarga, sementara penelitian mengenai pengaruh ekonomi dan pelayanan akademik terhadap kebahagiaan mahasiswa Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai di era Covid-19 menekankan dinamika pendidikan dan kesejahteraan mahasiswa dalam kondisi krisis global.