Pengaruh Kegiatan Tasmi Dan Motivasi Membaca Al Quran Terhadap Kualitas Hafalan Quran Siswa Di Rumah Tahfiz Quran Al Barkah Dumai
DOI:
https://doi.org/10.57113/taz.v6i2.414Kata Kunci:
Kegiatan tasmi, motivasi, Alquran, hafalan quranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan tasmi’ dan motivasi membaca Al quran terhadap kualitas hafalan quran siswa di RTQ Al Barkah Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, penelitian ini menggunakan teknik sampel sampling jenuh yang terdapat di Non-Probability Sampling jenuh yaitu Teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel, dengan jumlah responden 68 siswa di RTQ Al Barkah Dumai. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, test dan dokumentasi. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji liniearitas, teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik regresi berganda dengan bantuan SPSS 21.0 for Windows. Hasil penelitian menemukan bahwa kegiatan tasmi berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas hafalan quran siswa di RTQ Al Barkah Dumai. Motivasi membaca Al quran berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas hafalan quran siswa di RTQ Al Barkah Dumai. Kegiatan tasmi, Motivasi membaca Al qur’an secara bersama-sama memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Kualitas Hafalan Qur’an siswa di RTQ Al Barkah Dumai, Kontribusi sebesar 56,9% dan sisanya 43,1% dipengaruhi oleh faktor lain