Reorientasi Pencapaian Nilai Taqwa di Perguruan Tinggi Sebagai Implementasi UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003
DOI:
https://doi.org/10.57113/taz.v6i2.400Kata Kunci:
Impelementasi taqwa, pendidikan tinggi, agama islam, UU SisdiknasAbstrak
Fungsi pendidikan dalam membentuk manusia taqwa sebagaimana termaktub dalam Undang-Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 belum sepenuhnya terwujud. Penelitian ini bertujuan merumuskan kembali langkah strategis pencapaian nilai taqwa yang termuat dalam Undang-Undang Sisdiknas untuk proses pendidikan di perguruan tinggi. Jenis penelitian ini adalah studi literatur yang dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif. Dari data-data yang berhasil dihimpun dan kemudian dianalisis secara argumentatif, maka penelitian ini mengarahkan upaya pemaknaan nilai-nilai taqwa agar dipahami sebagaimana pemahaman para ulama yang kompeten. Penelitian ini juga merekomendasikan agar setiap lembaga pendidikan tinggi di Indonesia menyusun langkah-langkah strategis dan merancang instrumen pengukuran nilai-nilai ketaqwaan dalam profil lulusan dan capaian setiap mata kuliah khususnya dalam aspek aqidah, ibadah dan akhlak. Kesimpulan penting dari penelitian ini juga menegaskan bahwa cara meraih ketaqwaan yang hakiki adalah dengan menguasai ilmu-ilmu fardhu.