Pengaruh Kemandirian Belajar dan Pola Asuh Orangtua Terhadap Kedisiplinan Siswa Di MAN 1 Dumai

Penulis

  • Tuti Syafrianti Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai
  • Wan Reda Yani Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

DOI:

https://doi.org/10.57113/wib.v1i1.69

Kata Kunci:

Kemandirian Belajar, Pola Asuh Orangtua, Kedisiplinan Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap kedisiplinan siswa di MAN 1 Dumai; (2) pengaruh pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan siswa di MAN 1 Dumai; (3) pengaruh kemandirian belajar siswa dan pola asuh orang tua secara serentak terhadap kedisiplinan siswa di MAN 1 Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrumen penelitian bertempat di MAN 1 Dumai. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 11 ips yang terdiri dari jurusan ips 1, ips 2, dan ips 3 yang berjumlah 99 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui angket. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik regresi berganda. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kemandirian belajar siswa terhadap kedisiplinan siswa di MAN 1 Dumai, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan siswa di MAN 1 Dumai, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kemandirian belajar siswa dan pola asuh orang tua secara serentak terhadap kedisiplinan siswa di MAN 1 Dumai.

Diterbitkan

2021-09-22

Cara Mengutip

Tuti Syafrianti, & Wan Reda Yani. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Pola Asuh Orangtua Terhadap Kedisiplinan Siswa Di MAN 1 Dumai. Wibawa : Jurnal Manajemen Pendidikan , 1(1), 13–23. https://doi.org/10.57113/wib.v1i1.69