Pengaruh Kemandirian Belajar dan Pola Asuh Orangtua Terhadap Kedisiplinan Siswa Di MAN 1 Dumai
DOI:
https://doi.org/10.57113/wib.v1i1.69Kata Kunci:
Kemandirian Belajar, Pola Asuh Orangtua, Kedisiplinan SiswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap kedisiplinan siswa di MAN 1 Dumai; (2) pengaruh pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan siswa di MAN 1 Dumai; (3) pengaruh kemandirian belajar siswa dan pola asuh orang tua secara serentak terhadap kedisiplinan siswa di MAN 1 Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrumen penelitian bertempat di MAN 1 Dumai. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 11 ips yang terdiri dari jurusan ips 1, ips 2, dan ips 3 yang berjumlah 99 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui angket. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik regresi berganda. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kemandirian belajar siswa terhadap kedisiplinan siswa di MAN 1 Dumai, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan siswa di MAN 1 Dumai, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kemandirian belajar siswa dan pola asuh orang tua secara serentak terhadap kedisiplinan siswa di MAN 1 Dumai.