Pengaruh Pendidikan Karakter dan Pola Asuh Orangtua Terhadap Karakter Siswa di SMA Muhammadiyah Dumai Tahun Ajaran 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.57113/wib.v1i2.64Kata Kunci:
Pendidikan Karakter, Pola Asuh Orangtua, Karakter SiswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh pendidikan karakter terhadap karakter siswa di SMA Muhammadiyah Dumai, (2) pengaruh pola asuh orang tua terhadap karakter siswa di SMA Muhammadiyah Dumai, (3) pengaruh pendidikan karakter dan pola asuh orang tua secara serentak terhadap karakter siswa di SMA Muhammadiyah Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrumen penelitian bertempat di SMA Muhammadiyah Dumai. Sampel pada penelitian ini berjumlah 48 siswa. Pengumpulan data melalui angket, dokumentasi, observasi. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisa data adalah teknik analisis regresi dan korelasi product moment (pearson). hasil penelitian adalah : (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pada penerapan pendidikan karakter terhadap karakter siswa di SMA Muhammadiyah Dumai.(2) Terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan pada pola asuh orang tua terhadap karakter siswa di SMA Muhammadiyah Dumai. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pada penerapan pendidikan karakter dan pola asuh orang tua secara serentak terhadap karakter siswa di SMA Muhammadiyah Dumai.