Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Minat Belajar Siswa di MTs Nurul Wahid Dumai

Penulis

  • Dwi Meilani Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai
  • Imam Wahyudi, M.Pd.I
  • Faizal Nurmatias, ME

DOI:

https://doi.org/10.57113/wib.v1i2.63

Kata Kunci:

kompetensi pedagogik guru, Pergaulan Teman Sebaya, minat belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Minat Belajar Siswa di MTs Nurul Wahid Dumai, (2) Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Minat Belajar Siswa di MTs Nurul Wahid Dumai, (3) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dan Pergaulan Teman Sebaya Minat Belajar Siswa di MTs Nurul Wahid Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrument penelitian bertempat di MTs Nurul Wahid Dumai. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa dari kelas VII, VIII, dan XI yang berjumlah 218 orang dan sampel dalam penelitian ini kelas VIII yang berjumlah 90 siswa. Pengumpulan data dilakukan dilakukan melalui angket. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas data dan uji linieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Minat Belajar Siswa di MTs Nurul Wahid Dumai. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Minat Belajar Siswa di MTs Nurul Wahid Dumai. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Minat Belajar Siswa di MTs Nurul Wahid Dumai.

Diterbitkan

2021-09-04

Cara Mengutip

Dwi Meilani, Imam Wahyudi, M.Pd.I, & Faizal Nurmatias, ME. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Minat Belajar Siswa di MTs Nurul Wahid Dumai. Wibawa : Jurnal Manajemen Pendidikan , 1(2), 28–38. https://doi.org/10.57113/wib.v1i2.63