Pengaruh Manajemen Kurikulum dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Daring di SMKN 2 Dumai Tahun Ajaran 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.57113/wib.v1i2.62Kata Kunci:
Manajemen Kurikulum, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Daring.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh manajemen kurikulum terhadap profesional guru dalam pembelajaran daring di SMKN 2 Dumai; (2) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap terhadap profesional guru dalam pembelajaran daring di SMKN 2 Dumai: (3) pengaruh manajemen kurikulum dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama- sama erhadap profesional guru dalam pembelajaran daring di SMKN 2 Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrument penelitian bertempat di SMKN 2 Dumai. Sampel pada penelitian ini berjumlah 96 siswa. Pengumpulan data melalui angket, dokumentasi, observasi. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikoleniaritas, uji autokorelasi dan uji heterokedastisitas. Teknik analisa data adalah teknik analisis regresi dan korelasi product moment (person). hasil penelitian adalah : (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan manajemen kurikulum terhadap profesional guru dalam pembelajaran daring di SMKN 2 Dumai; (2 ) terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap profesionalisme guru dalam pembelajaran daring di SMKN 2 Dumai; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan pelayanan manajemen kurikulum dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama- sama erhadap profesionalisme guru dalam pembelajaran daring di SMKN 2 Dumai sebesar 46,5% dan sisanya 54,5% dipengaruhi oleh faktor lain.