Pengaruh Aktivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Keteladanan Guru Terhadap Akhlak Siswa di SMP Negeri 7 Dumai
DOI:
https://doi.org/10.57113/wib.v1i2.60Kata Kunci:
Aktivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Keteladanan Guru, Akhlaq SiswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh aktivitas pembelajaran pendidikan agama islam terhadap akhlak siswa di SMP Negeri 7 Dumai (2) Pengaruh keteladanan guru terhadap akhlak siswa di SMP Negeri 7 Dumai (3) Pengaruh Aktivitas pembelajaran pendidikan agama islam dan keteladanan guru secara serentak terhadap akhlaq siswa di SMP Negeri 7 Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrumen penelitian bertempat di SMP Nergeri 7 Dumai. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 285 Siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan rumus Isaac Maechael sehinga jumlah sampel adalah 88 siswa. Darta yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada 88 siswa. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda, dengan bantuan Sofware SPSS 21.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aktivitas pembelajaran pendidikan agama islam, keteladanan guru secara bersama memberikan kontribusi yang signifikan terhadap akhlaq siswa. Secara persial, Aktivitas pembelajaran pendidikan agama islam memberikan kontribusi yang positif dan signifikan terhadap akhlak siswa. Begitu juga dengan keteladanan guru yang memberikan kontribusi yang positif dan signifikan.