Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Konformitas

Penulis

  • Indah Jelita Harefa Universitas Nias
  • Elizama Zebua Universitas Nias
  • Famahato Lase Universitas Nias
  • Hosianna Rodearni Damanik Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.57113/wib.v4i2.394

Kata Kunci:

Bimbingan kelompok, perilaku konformitas

Abstrak

Layanan  bimbingan kelompok (BKp) dapat mengentaskan masalah perilaku konformitas teman sebaya dan mengubahnya menjadi perilaku yang baik pada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap efektivitas  layanan  BKp terhadap  perilaku konformitas peserta didik, menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen desain one group pretest-posttest design. Data dikumpulkan dengan tes dan dianalisis secara kuantitatif dan hasilnya dideskripsikan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Permata Kasih Gunungsitoli dan sampel ditarik secara purposive sampling dari satu rombongan belajar kelas XI berjumlah 25 orang. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa layanan BKp yang diberikan oleh konselor sangat ampuh dalam mengentaskan, meningkatkan dan memecahkan masalah perilaku konformitas pada peserta didik. Sebelum diberi layanan BKp perilaku konformitas teman sebaya mereka sangat buruk, sedangkan setelah diberi layanan perilaku konformitas mereka berubah menjadi berperilaku amat baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil post-test yang menunjukan bahwa perilaku konformitas peserta didik dari 7 subjek penelitian ditemukan ada peningkatan positif pada perilaku mereka sebagai hasil dari pemberian perlakuan yakni layanan BKp. Juga didapatkan 6 peserta didik berperilaku sedang dengan tingkat persentase 24%  dan 19 peserta didik atau 76% yang berperilaku menjadi tinggi atau amat baik. Artinya pemberian layanan BKp sangatlah efektif untuk memperbaiki perilaku konformitas peserta didik. Hasil perlakuan yakni selisih antara pre-test dengan post-test total rata-rata sebesar 22,24 dengan hasil uji N-Gain 0,89 atau 89,43% maka dapat dinyatakan bahwa layanan BKp dapat memberi dampak yang baik. Disarankan kepada guru BK atau konselor sekolah agar merencanakan dan melaksanakan layanan BKp untuk mengentaskan masalah konformitas dan kepada peserta didik agar mengikutinya dengan baik.

Diterbitkan

2024-08-30

Cara Mengutip

Indah Jelita Harefa, Elizama Zebua, Famahato Lase, & Hosianna Rodearni Damanik. (2024). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Konformitas. Wibawa : Jurnal Manajemen Pendidikan , 4(2), 18–35. https://doi.org/10.57113/wib.v4i2.394

Terbitan

Bagian

Articles