Pengaruh Kedisiplinan Dan Minat Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Mts Arrozak Dumai

Penulis

  • Wildan Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai
  • Deni Suryanto universitas islam Negeri sultan Syarif Kasim

DOI:

https://doi.org/10.57113/wib.v2i2.225

Kata Kunci:

Kedisiplina, minat, prestasi belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kedisplinan dan Minat terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTs Arrozak Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, melalui penyebaran angket kepada populasi 55 siswa. Analisa data meliputi: uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis deskriptif, analisis parsial, dan analisis regresi ganda dengan bantuan software 20.0 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara serentak kedisplinan dan minat belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa di MTs Arrozak Dumai dengan model regresi Y= 55,226 + 0,212 (X1) + 0,205(X2). Sedangkan berdasarkan analisa regresi yang telah dilakukan diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif yang signifikan antara disiplin belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa. Seberapa besar pengaruhnya disiplin belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa yaitu sebesar 96,% dan 3,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Maka penulis simpulkan terdapat pengaruh yang positif antara kedisplinan dan minat belajar siswa terhadap pretasi belajar siswa di MTs Arrozak Dumai.

Diterbitkan

2022-08-26

Cara Mengutip

Wildan, & Suryanto, D. (2022). Pengaruh Kedisiplinan Dan Minat Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Mts Arrozak Dumai. Wibawa : Jurnal Manajemen Pendidikan , 2(2), 37–47. https://doi.org/10.57113/wib.v2i2.225