Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru di SMK TI Al-Ikhlashiyah Dumai
DOI:
https://doi.org/10.57113/wib.v2i1.115Kata Kunci:
Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kepala Sekolah, Disiplin Kerja GuruAbstrak
Gaya kepemimpinan (leadership style) adalah berbagai pola tingkah laku yang disukai oleh pemimpin dalam proses mengarahkan dan mempengaruhi pekerja. Motivasi adalah doronga n yang bersifat internal atau eksternal pada diri individu yang menimbulkan antusiasme dan ketekunan untuk mengejar tujuan – tujuan spesifik. Disiplin adalah kepatuhan, ketaatan, dan kesungguhan dalam melaksanakan tugas. Dalam disiplin dituntut kesanggupan untuk menghayati aturan - aturan, norma - norma hukum, dan tata tertib yang berlaku sehingga secara sadar akan melaksanakan dan menaatinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Ada tidaknya pengaruh antara gaya kepemimpinan (X1) terhadap disiplin kerja guru (Y), 2) Ada tidaknya pengaruh antara motivasi kepala sekolah (X2) terhadap disiplin kerja guru (Y), 3) Ada tidaknya pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang pelaksanaannya di SMK TI Al-Ikhlashiyah Dumai dengan responden sebanyak 30 orang guru. Dalam penelitian ini menggunakan angket sebagai alat pengumpulan data yang kemudian di uji dengan menggunakan uji validitas dan reabilitas data. Uji prasyarat analisa dengan menggunakan uji normalitas dan linearitas, sedangkan uji hipotesisnya menggunakan uji F dan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Adanya pengaruh positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan terhadap disiplin kerja guru , hal ini dibuktikan dengan koefisien korelasi product moment sebesar 0,599 dengan demikian nilai rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,599>0,361. 2) Adanya hubungan positif dan signifikan antara motivasi kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru, hal ini dibuktikan dengan koefisien korelasi poduct moment sebesar 0,452 dengan demikian nilai rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,452>0.361. 3) Adanya pengaruh positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan dan motivasi kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru, hal ini dibuktikan dengan hasil analisis korelasi ganda berdasarkan hasil uji f diperoleh nilai F hitung sebesar 7,103.