Pengaruh Perilaku Kepemimpinan dan Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Al–Furqan Bagan Besar
DOI:
https://doi.org/10.57113/wib.v2i1.114Kata Kunci:
Perilaku Kepemimpinan, keterampilan manajerial kepala sekolah, Kinerja GuruAbstrak
Perilaku kepemimpinan adalah perilaku khusus/pribadi para pemimpin terkait dengan tugas dan peannya sebagai seorang pemimpin.Keterampilan manajerial kepala sekolah adalah kemampuan seseorang dalam mengelola sumber daya organisasi yang ditetapkan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan.Kinerja guru adalah prestasi yang dicapai seorang guru dalam melaksanakan tugasnya selama periode waktu tertentu yang diukur berdasarkan tiga indikator yaitu : penguasaan bahan ajar, kemempuan mengelola pembelajaran dan komitmen menjalankan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Ada tidaknya pengaruh perilaku kepemimpinan (X1) terhadap kinerja guru (Y), 2) Ada tidaknya pengaruh keterampilan manajerial kepala sekolah (X2) terhadap kinerja guru (Y), 3) Ada tidaknya pengaruh Perilaku Kepemimpinan dan Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang pelaksanaannya di Al – Furqan Bagan Besar dengan responden sebanyak 30 orang guru. Dalam penelitian ini menggunakan angket sebagai alat pengumpulan data yang kemudian di uji dengan menggunakan uji validitas dan reabilitas data. Uji prasyarat analisa dengan menggunakan uji normalitas dan linearitas, sedangkan uji hipotesisnya menggunakan uji F dan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Adanya pengaruh positif dan signifikan perilaku kepemimpinan dan keterfampilan manajerial kepala sekolah, hal ini dibuktikan dengan koefesien korelasi product moment sebesar 0,365 dengan demikian nilai r hitung lebih sebesar dari r tabel yaitu 0,365 0,361. 2) Adanya pengaruh positif dan signifikan keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru, hal ini dibuktikan dengan koefesien korelasi product moment sebesar 0,377. dengan demikian nilai r hitung lebih sebesar dari r tabel yaitu 0,377 0,361. 3) Adanya pengaruh positif dan signifikan perilaku kepemimpinan dan keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru, hal ini dibuktikan dengan hasil analisis korelasi ganda berdasarkan hasil uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 9,280.