Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Supervisi Pendidikan Terhadap Kinerja Guru di SDN 014 Simpang Tetap Darul Ihsan
DOI:
https://doi.org/10.57113/wib.v1i2.65Keywords:
Pemanfaatan Teknologi Informasi, Supervisi Pendidikan, Kinerja GuruAbstract
Dalam teknologi yang berkembang pesat saat ini, guru diharapkan bisa memanfaatkan teknologi dalam membantu proses pembelajaran. Pemanfaatan teknologi yang efektif dapat meningkatkan kinerja. Dan juga sangat dirasakan perlunya pembinaan yang kontinu dan berkesinambungan dengan program yang terarah dan sistematis terhadap para guru dan personel sekolah yang lazim disebut supervisi pendidikan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, uji coba instrument penelitian bertempat di SDN 014 Simpang Tetap Darul Ihsan. Populasi pada penelitian ini seluruh guru di SDN 014 Simpang Tetap Darul Ihsan yang berjumlah 34 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui angket. Hasil penelitian adalah: terdapat pengaruh positif dan signifikan pemanfaatan tenologi informasi terhadap kinerja guru dengan presentase sebesar 88,7% dan sisanya 11,3% dipengaruhi oleh faktor lain selain pemanfaatan teknologi informasi. Terdapat pengaruh positif dan signifikan supervisi pendidikan terhadap kinerja guru dengan presentase sebesar 90,3% dan sisanya 9,7% dipengaruhi oleh faktor lain selain supervisi pendidikan. Terdapat pengaruh positif dan signifikan pemanfaatan teknologi informasi dan supervisi pendidikan secara bersama- sama terhadap kinerja guru dengan presentase sebesar 92,4% dan sisanya 7,6% dipengaruhi oleh faktor lain.