Pelayanan Administrasi Dan Kinerja Dosen Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

  • Shazrima Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai
Keywords: Pelayanan administrasi, kinerja dosen, kepuasan mahasiswa

Abstract

Kepuasan mahasiswa adalah tingkat perasaan atau tingkat emosional, kognitif, dan perilaku yang dirasakan oleh mahasiswa terhadap pengalaman belajar dan pengalaman mereka dalam lingkungan perkuliahan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian diambil dengan menggunakan rumus slovin, penyebaran kuesioner atau angket dengan teknik Random Sampling kepada sejumlah sampel yang terpilih menggunakan rumus Slovin, dengan jumlah responden sebanyak 206 mahasiswa. Teknik analisis pada penelitian ini adalah regresi berganda, dibantu dengan penggunaan Software SPSS 21 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelayanan Administrasi dan Kinerja Dosen bersama-sama memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa di Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai, dimana kontribusinya sebesar 96,3%. Secara parsial variabel independen Pelayanan Administrasi dan Kinerja Dosen berpengaruh terhadap variabel dependen Kepuasan Mahasiswa.

Published
2024-03-20
How to Cite
Shazrima. (2024). Pelayanan Administrasi Dan Kinerja Dosen Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai. Wibawa : Jurnal Manajemen Pendidikan , 4(1), 33-47. https://doi.org/10.57113/wib.v4i1.323
Section
Articles