Urgensi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam
Abstract
Problematika yang mendasar dalam mengelola pendidikan Islam adalah tidak mudah menyatukan visi, misi dan orientasi dimana jumlah dan variasinya sangat banyak. Padahal untuk membangun kualitas sebuah lembaga pendidikan, memerlukan berbagai kekuatan, konsep , kepemimpinan, manajerial dan lain sebagainya. Oleh karena itu, persoalan pendidikan Islam bukan saja terletak pada guru dan muridnya, melainkan juga bersumber dari pengelolanya. Berdasarkan latarbelakang tersebut, penulis merumuskan masalah bagaimana Urgensi Manajemen dalam Lembaga Pendidikan Islam? Tujuan penelitian ini ialah mengetahui pentingnya Manajemen dalam Lembaga Pendidikan Islam. Metode Penelitian yang dikembangkan ialah kualitatif dengan teknik pengumpulan data dari berbagai sumber baik buku maupun jurnal, artikel ilmiah ataupun literature riview. . Hasil Penelitian ini ialah Urgensi manajemen pendidikan Islam juga dapat dilihat dari keberadaan pendidikan Islam sendiri. Agar tetap dapat eksis, survive dan terus berkembang, pendidikan Islam jelas membutuhkan suatu pengelolaan yang baik, yang terencana dan teratur, sehingga dapat menumbuh kembangkan eksistensi pendidikan Islam di tengah-tengah persaingan global