The Effect Of Teacher Certification And Professionalism On The Performance Of State Vocational School Teachers In Kayu Agung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sertifikasi guru dan profesionalisme terhadap kinerja guru SMK Negeri di Kayu Agung baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan expo pacto. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah guru yang telah tersertifikasi dengan jumlah 81 guru. Teknik utama pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji-t untuk analisis regresi sederhana dan uji-f dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh sertifikasi terhadap kinerja guru SMK Negeri di Kayu Agung. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis t-hitung = 7,663 > t-tabel = 3,897 dan memberikan pengaruh sebesar 13%; 2) Terdapat pengaruh profesionalisme guru terhadap kinerja guru SMK Negeri di Kayu Agung. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis thitung = 5,936 > ttabel = 3,849 dan memberikan pengaruh sebesar 12,2%; 3) Terdapat pengaruh sertifikasi guru dan profesionalisme secara simultan terhadap kinerja guru SMK Negeri di Kayu Agung. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis Fhitung = 13,587 > Ftabel = 0,967, dan memberikan pengaruh sebesar 21,2%.