Implementasi Kepemimpinan Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Peserta Didik Abad 21

  • Asep Furqonuddin UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Iwan Kosasih UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Kholid Suhaemi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Keywords: Kepemimpinan Pendidikan, Mutu Peserta Didik, Abad 21, Inovasi Pendidikan

Abstract

Kepemimpinan pendidikan memiliki peran sentral dalam meningkatkan mutu peserta didik di abad 21, di mana tantangan dan kebutuhan pendidikan semakin kompleks. Dalam konteks ini, kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan harus mampu mengadopsi pendekatan inovatif yang responsif terhadap perkembangan teknologi dan perubahan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep dan implementasi kepemimpinan pendidikan yang efektif, serta menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penerapannya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan yang efektif berkontribusi signifikan terhadap motivasi dan kinerja guru, menciptakan budaya sekolah yang positif, serta meningkatkan prestasi akademik peserta didik. Kolaborasi dengan pemangku kepentingan juga menjadi kunci dalam mengatasi tantangan yang dihadapi.Dengan demikian, penerapan kepemimpinan pendidikan yang efektif tidak hanya meningkatkan kualitas pendidikan tetapi juga mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi tantangan global di masa depan. Penelitian ini menekankan pentingnya peran aktif kepala sekolah dalam merancang dan melaksanakan program-program pembelajaran yang relevan dan adaptif untuk menciptakan lingkungan belajar yang optimal bagi peserta didik

Published
2024-08-28
How to Cite
Furqonuddin, A., Kosasih, I., & Suhaemi, K. (2024). Implementasi Kepemimpinan Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Peserta Didik Abad 21. Wibawa : Jurnal Manajemen Pendidikan , 4(2), 1-12. https://doi.org/10.57113/wib.v4i2.296
Section
Articles