Pengaruh Kedisiplinan Guru dan Dukungan Teman Sebaya Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di SMK Taruna Persada Dumai
DOI:
https://doi.org/10.57113/taz.v1i2.43Kata Kunci:
Kedisiplinan Guru, Dukungan Teman Sebaya, Peningkatan Motivasi Belajar SiswaAbstrak
Dalam proses pembelajaran penting kedisiplinan guru disekolah agar siswa dapat efektif dalam proses pembelajaran dan adanya faktor dukungan teman sebaya untuk membantu perkembangan siswa dalam lingkungan sekolah dan dapat berpengaruh tinggi terhadap peningkatan motivasi belajar siswa yang masih abstrak. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran angket kepada 100 siswa sebagai sampel dan populasi sebanyak 100 siswa. Data analisis regresi sederhana. Dengan bantuan softwore SPSS 21 for window.Hasil Penelitian ini adalah membuktikan bahwa terdapat pengaruh kedisiplinan guru dan dukugan teman sebaya terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di SMK Taruna Persada Dumai model regresi Y = 1,888 + 0,970(X1) + 0, 382 (X2) terdapat pengaruh kedisiplinan guru dan dukugan teman sebaya terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di SMK Taruna Persada 99.6 % sementara pengaruh terdapat pengaruh kedisiplinan guru dan dukugan teman sebaya terhadap peningkatan motivasi belajar siswa diperoleh sebesar 90.1%. dipegaruhi oleh faktor lain sebesar 9.1%.