Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Peran Orang Tua Terhadap Pengamalan Ibadah Shalat Fardhu Siswa Kelas X Di Sma Negeri 5 Dumai
DOI:
https://doi.org/10.57113/taz.v5i2.403Kata Kunci:
Pembelajaran pendidikan agama islam, peran orang tua, pengamalan ibadah shalat fardhuAbstrak
Seorang guru pada mata pelajaran PAI harus selalu memberikan pengetahuan yang mendalam kepada siswa. Guru yang mampu memberikan pengetahun yang luas kepada siswa, seperti kemampuan mengajar yang baik, pengetahuan yang mendalam, dan sikap yang menginspirasi, akan mendorong siswa-siswinya untuk lebih mengamalkan dengan baik setiap perbuatan ataupun pelaksanaan ibadah yang wajib dikerjakan seperti shalat dan ibadah yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 5 Dumai (2) Pengaruh Peran Orang Tua di SMAN 5 Dumai (3) Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Peran Orang Tua Terhadap Pengamalan Ibadah Shalat Fardhu Siswa Kelas X di SMAN 5 Dumai. Metode Penelitian yang digunakan adalah Metode Kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada siswa-siswi. Populasi pada penelitian ini adalah 181 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan rumus isac dan michael sehingga jumlah sampel adalah 124 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda, dengan bantuan software SPSS 21.0 for Windows. Hasil penelitian menemukan bahwa Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Peran Orang Tua secara serentak berpengaruh signifikan terhadap Pengamalan Ibadah Shalat Fardhu Siswa di SMAN 5 Dumai sebesar 38,8% dan sisanya 61,2% dipengaruhi oleh fakor lain.