Pengaruh Literasi Digital Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai
DOI:
https://doi.org/10.57113/taz.v5i2.402Kata Kunci:
Literasi Digital, Minat Belajar, Hasil BelajarAbstrak
Literasi digital mencakup kemampuan individu dalam mengakses, mengevaluasi, dan menggunakan informasi dengan efektif dalam lingkungan digital. Mahasiswa yang memiliki tingkat literasi digital yang tinggi cenderung memiliki akses yang lebih baik ke sumber daya pembelajaran online, mampu mengevaluasi keandalan dan relevansi informasi, serta dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi digital dalam proses belajar. Minat belajar, di sisi lain, mencerminkan keinginan dan antusiasme mahasiswa dalam belajar. Sedangkan Hasil belajar adalah tingkat pencapaian atau prestasi yang dicapai oleh mahasiswa dalam proses pembelajaran. Hasil belajar dapat diukur melalui berbagai indikator, dan dalam penelitian ini pencapaian tersebut diukur melalui Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian diambil dengan melihat tabel ukuran sampel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael untuk tingkat kesalahan 5%, penyebaran kuesioner atau angket dengan teknik Random Sampling kepada sejumlah sampel yang terpilih, dengan jumlah responden sebanyak 62 mahasiswa. Teknik analisis pada penelitian ini adalah regresi berganda, dibantu dengan penggunaan Software SPSS 21 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan secara serentak pengaruh Literasi Digital dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa di Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai dalam penelitian yang peneliti lakukan kontribusi yang diberikan hanya sebesar 0,002% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya, diluar Literasi Digital dan Minat Belajar. Secara parsial variabel independen Literasi Digital dan Minat Belajar tidak berpengaruh terhadap variabel dependen Hasil Belajar Mahasiswa. Oleh karena itu, penelitian ini tidak dapat disimpulkan.