Peran Orang Tua Dan Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Di Mi Al-Barkah Dumai

Penulis

  • Evi Albaqoh Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

DOI:

https://doi.org/10.57113/taz.v4i2.336

Kata Kunci:

Peran orang tua, kemampuan mengajar guru, hasil belajar siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pangaruh secara parsial dan bersama peran orang tua dan kemampuan mengajar guru terhadap hasil belajar  belajar siswa di MI Al Barkah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan data primer yang di peroleh dari data kuisionner yang di ukur menggunakan skala likert. Penelitian ini dilakukan kepada siswa MI Al Barkah sebesar 77 siswa dengan jumlah sampel yang di dapatkan yaitu sebanyak 77 siswa . penelitian ini menggunakan teknik simplerandom sampling . data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan mengunakan kuisioner yang kemudian di analisis menggunakan anaalisis rekreasi berganda dengan bantuan softwere SPSS 21.0  Hasil penelitian menemukan bahwa peran orang tua dan kemampuan mengajar guru secara bersama-sama berpenggaruh siknifikan dan positif terhadap hail belajar MI Al Barkah dengan pengaruh besar 64,7 % dan sisanya 35,3% di penggaruhi oleh faktor lainya.

Diterbitkan

2023-09-27

Terbitan

Bagian

Articles