Pengaruh Minat Baca Dan Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas Vii Di Mts Al Imam Abi Yazid

Penulis

  • Shinta Mala Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

DOI:

https://doi.org/10.57113/taz.v4i2.335

Kata Kunci:

Minat baca, keaktifan siswa, hasil belajar

Abstrak

Pencapaian hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah minat baca dan keaktifan belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru pengampu mata pelajaran Akidah Akhlak di Mts Al Imam Abi Yazid masih banyak siswa yang memperoleh hasil belajar yang rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah Pengaruh Minat Baca dan Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas VII di Mts Al Imam Abi Yazid, baik secara parsial maupun simultan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui adakah pengaruh kelengkapan minat baca terhadap hasil belajar siswa, (2) untuk mengetahui adakah pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa, (3) untuk mengetahui adakah pengaruh minat baca dan keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar akidah akhlak peserta didik kelas VII di Mts Al Imam Abi Yazid. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, uji coba instrument penelitian bertempat di MTs Al Imam Abi Yazid. Populasi pada penelitian ini siswa kelas VII yang berjumlah 57 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca dan kefektifan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 30% dan sebesar 70% dipengaruhi oleh factor lain.

Diterbitkan

2023-09-27

Terbitan

Bagian

Articles