Pengaruh Kegiatan Tasmi Dan Kedisiplinan Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Quran Siswa Di Pkbm Kuttab Habli Dumai
DOI:
https://doi.org/10.57113/taz.v4i2.330Kata Kunci:
Kegiatan tasmi’, kedisiplinan, kemampuan menghafal al-quranAbstrak
Kemampuan menghafal Al-Quran adalah hal yang sangat penting dalam pencapaian hafal Al-Quran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan kegiatan tasmi’ dan kedisiplinan terhadap kemampuan menghafal Al-Quran siswa di PKBM Kuttab Habli Dumai. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner, observasi, serta wawancara. Penelitian ini menemukan bahwa kegiatan tasmi’ dan kedisiplinan memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan menghafal Al-Quran siswa di PKBM Kuttab Habli Dumai dengan model regresi Y = 37,460 + 0.410 X1 + 0,392 X2. Kegiatan tasmi’ dan kedisiplinan berkontribusi sebesar 17,5 persen terhadap kemampuan menghafal Al-Quran siswa di PKBM Kuttab Habli Dumai, dimana 45,3% persen dipengaruhi faktor lainnya. Dengan demikian untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Quran siswa di PKBM Kuttab Habli Dumai, maka faktor kegiatan tasmi’ dan kedisiplinan perlu ditingkatkan