Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Dan Budaya Religius Terhadap Akhlak Siswa di MAN 1 Dumai
DOI:
https://doi.org/10.57113/taz.v4i2.328Kata Kunci:
Akidah Akhlak, Budaya Religius, Akhlak SiswaAbstrak
Pembelajaran akidah akhlak adalah suatu proses bimbingan jasmani dan rohani yang berlandaskan ajaran Islam dan dilakukan dengan kesadaran untuk mengembangkan potensi anak didik sehingga terbentuk kepribadian yang memiliki nilai-nilai islami. Salah satu faktor keberhasilan dari suatu proses pembelajaran adalah lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif yakni dengan menerapkan budaya religius. Proses pembelajaran dapat dikatakan berhasil mencapai tujuan apabila menghasilkan perubahan tingkah laku (akhlak) siswa kearah yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh pembelajaran akidah akhlak dan budaya religius terhadap akhlak siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Dumai. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan rumus Slovin, penyebaran kuisioner atau angket dengan teknik Random Sampling kepada sejumlah responden sebanyak 106 siswa. Teknik analisis pada penelitian ini adalah regresi sederhana dan regresi berganda, dibantu dengan penggunaan Software SPSS 21 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Akidah Akhlak dan Budaya Religius secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Akhlak Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Dumai. Dengan pengaruh sebesar 32,0% dan sisanya 68% dipengaruhi oleh faktor lain