Pengaruh Bimbingan Guru Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Kelas Vii Di Ponpes Miftahul Jannah Dumai

Penulis

  • Muslimah Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai
  • Eka Sukmawati Institut Agam Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

DOI:

https://doi.org/10.57113/taz.v5i1.319

Kata Kunci:

Bimbingan guru, kemampuan, membaca Al-Qur’an

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Bimbingan Guru di Pondok Pesantren Miftahul Jannah Dumai (2) Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Kelas VII di Pondok Pesantren Miftahul Jannah Dumai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan menyebarkan selebaran kuesioner atau angket. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 66 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan rumus solvin sehingga mendapatkan jumlah sampel sebanyak 57 siswa. Penelitian ini mengggunakan teknik Simple Random Sampling. Data analisis regresi berganda dengan bantuan aplikasi pengolah data yaitu SPSS versi 21.0 for Windows. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Bimbingan Guru secara serentak berpengaruh signifikan terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an  siswa di Pondok Pesantren Miftahul Jannah Dumai sebesar  68% dan sisanya 32% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Diterbitkan

2023-08-20

Terbitan

Bagian

Articles