Pengaruh Kecerdasan Spiritual Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Perilaku Sosial Siswa Di SMKN 2 Dumai
DOI:
https://doi.org/10.57113/taz.v5i1.316Kata Kunci:
Kecerdasan spiritual, lingkungan sekolah, prilaku sosial siswaAbstrak
Perilaku Sosial seseorang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik secara internal maupun eksternal. Lingkungan utama, yaitu keluarga, masyarakat dan pemerintah (sekolah), yang sangat bertanggung jawab atas kelangsungan pendidikan, sering disebut sebagai pendidikan trypsat, di mana setiap lingkungan memiliki peran yang sama dan saling melengkapi. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual dan lingkungan sekolah terhadap prilaku sosial siswa. Penilitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional populasi penelitian ini adalah seluruh siswa dari kelas XI, yang terdiri dari beberapa jurusanĀ jurusanyang berjumlah 244 orang, pengumpulan data di lakukan melaluiĀ angket, data dianalisis menggunakan analisis regresi dengan bantuan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh kecerdasan spiritual dan lingkungan sekolah berpengaruh terhadap prilaku sosial siswa sebesar 98,3% dan sebesar 1,7% dipengaruhi oleh faktor lain seperti relasi siswa dengan siswa dna lainnya