Pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Smp Erna Dumai
DOI:
https://doi.org/10.57113/taz.v3i2.293Kata Kunci:
Manajemen sekolah, kinerja, guruAbstrak
Manajemen pendidikan adalah sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif, efisien, mandiri, dan akuntabel. Oleh karena itu pentingnya manajemen sekolah dalam meningkatkan kinerja guru yang ditentukan oleh kesiapan sumber daya manusia yang terlibat dalam proses pendidikan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen berbasis sekolah (MBS) terhadap kinerja guru di SMP Erna Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru yang berjumlah 15 orang, dan sampel pada penelitian ini adalah guru SMP Erna Dumai. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket, kemudian data dianalisis menggunakan analysis regresi dengan bantuan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen berbasis sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 94,1% dan sebesar 5,9% kinerja grur dipengaruhi oleh faktor lainnya