Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Motivasi Terhadap Karakter Peserta Didik Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Dumai

Penulis

  • Yuni Futri Sanisa Institut Agama Tafqquh Fiddin Dumai

DOI:

https://doi.org/10.57113/taz.v1i1.245

Kata Kunci:

Pola Asuh Orang Tua, Motivasi Guru, Karakter Peserta Didik

Abstrak

 

Pola asuh orang tua adalah pola pengasuhan orang tua terhadap anak, yaitu bagaimana orang tua memperlakukan anak, mendidik, membimbing dan mendisiplinkan serta melindungi anak dalam mencapai proses kedewasaan sampai dengan membentuk perilaku  anak sesuai dengan norma dan nilai yang baik dan sesuai dengan kehidupan masyarakat. Faktor lain yang berperan penting  dalam  karakter peserta didik yaitu motivasi guru .Sebagai seorang yang di gugu dan ditiru, sudah sepatutnya seorang pendidik atau guru memiliki sifat, sikap  dan prilaku yang baik terutama di dalam lingkup pendidikan atau dalam bermasyarakat karena guru adalah seorang motivator yang di jadikan panutan serat contoh oleh peserta didiknya. Motivasi tersebut di maksudkan untuk menamkan  karakter pada  siswa.  Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua dan Motivasi Guru terhadap  karakter pesrta didik. Penilitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrument penelitian bertempat di SMA Negeeri 1 Dumai. populasi penelitian ini adalah seluruh siswa dari kelas XI,yang terdiri dari jurusan IPA dan IPS yang berjumlah 282orang pengumpulan data di lakukan melalui  angket. Data dianlisis menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian ini secara serentak serentak adalah sebesar 88,3% dan sisanya 11,7% yang di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak  di gunakan oleh penelitian ini. Hal ini menunjukkan bahwa ketiga variable memiliki hubungan yang postif dan signifikan,artinya semakin tinggi  pengaruh pola asuh orang tua dan motivasi guru terhadap karakter peserta didik maka akan semakin tinggi pula terbentuk karakter peserta didik.

Referensi

Adawiyah, rabiatul. pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pendidikan anak. jurnal pendidikan kawarnegaraan .7(1).2017.
Angraini, hartati pudji, dkk. 2017.hubungan pola asuh orang tua dengan kepribadian siswa sma di kota bengkulu. jurnal ilmiah bimbingan dan konseling. 1(1). 2017.
Fitriyani, Listia. 2015. “Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak,” Lentera, Vol. XVIII, No.1.
Mudasir, 2012. Desain Pembelajaran, (Riau : STAI Nurul Falah Press).
Padjirin . “ Pola Asuh Orang Anak Dalam Persepektif Islam “, Jurnal intelektual, (5)
Ramadona,mohammmad. pengaruh pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan peserta didik di smk teknindo jaya depok. jurnal pendidikan.6 (2).2013
Rahmayana Jenny.2020. Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. (Yogyakarta : Samudra Biru )
Susilowati, Endang. 2012. “Pola Asuh Orang Tua Dan Perkembangan Anak Usia Prasekolah”, Majalah Ilmiah Sultan Agung, Vol L,No.126.
Wahyuni windi,ida. Kontrubusi Peran Orang Tua dan Guru Dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini, jurnal pendidikan agama islam Al Thariqah Riau, (5) 1

Diterbitkan

2022-11-29