Pengaruh Pendekatan Emosional Guru Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Di Sdn 028 Kp Sri Pulau Kota Dumai

Penulis

  • Mela Harjita Institut Agama Tafqquh Fiddin Dumai

DOI:

https://doi.org/10.57113/taz.v1i1.242

Kata Kunci:

guru, Pendekatan emosional, keaktifan belajar, siswa

Abstrak

Ada banyak faktor yang mempengaruhi keaktifan siswa baik itu faktor ekternal maupun internal, salah satu faktor eksternalnya adalah hubungan guru dengan siswa.  Pedekatan emosional yang dialakuan guru akan mempengaruhi keaktifan siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk menegtahui pengaruh pendekatan emosional guru terhadap keaktifa belajar siswa di SD 028 Sri Pulau kota. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah sebanya 15 siswa. Data diperoleh melalui observasi dan penyebaran angket. Data dianalisis menggunakan analisis Regresi linier dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan emosional berkontribusi terhadap keaktifan siswa SD 028 sebesar 45,7% dan sebesar  55,3% dipengaruhi ole faktor lain

Referensi

Azwan Saifuddin, metode penelitian,Pustaka Belajar, Yogyakarta,2009
Djamarah Syaiful Bahri dan Zain Aswan, Strategi Belajar Mengajar, Reneka Cipta, Jakarta 2002.
Daryanto, Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif, Tiori dan Praktik
dalam Pengembangan Profesionalisme, bagi Guru, AV Publisher, Jakarta,2009.
Isjoni dkk, Strategi Pembelajaran, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNRI, Pekanbaru, 2005
Kunandar, Guru Professional Implementasi Kurikuluim (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Rajawali Pers , Jakarta, 2011.
M. Dalyono, Psikologi Pendidikan, Renika Cipta, Jakarta, 2009.
Rw Siagian, dan H.Lazim. N, Manajemen Kelas, Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNRI, Pekanbaru, 2004.
Syah Muhibin, Psikologi Belajar, Jakarta, Rajawali Pers, 2011.

Diterbitkan

2022-11-28