Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Di Smkn 4 Dumai

Penulis

  • Kenanga Laras Agustin Institut Agama Tafqquh Fiddin Dumai

DOI:

https://doi.org/10.57113/taz.v1i1.241

Kata Kunci:

Pembelajaran daring, perhatian orang tua, minat belajar

Abstrak

Pembelajaran daring yang baik sangat mendukung proses belajar yang dilakukan di rumah, semakin menarik dan menyenangkan maka akan meningkatkan minat belajar siswa. Perhatian orang tua juga sangat penting untuk mendidik dan membimbing serta dapat mengetahui minat anak. Dengan adanya perhatian dan dukungan dari orang tua, anak akan lebih bersemangat untuk belajar dan minat belajar anak akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring dan perhatian orang tua terhadap minat belajar siswa di SMKN 4 Dumai. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Adapun jumlah populasi pada penelitian ini berjumlah 422 siswa kelas XI dan XII di SMKN 4 Dumai. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Data dianalisis menggunakan analissi regresi berganda dengan bantuan SPSS 21. Hasil penelitian Menunjukkan bahwa  pengaruh bimbingan belajar daring dan perhatian orang tua terhadap minat belajar siswa di SMKN 4 Dumai sebesar 28,5% dan sebesar 71,5% dipenagruhi oleh faktor lain.

Referensi

Albert Efendi Pohan. 2020. Konsep Pembelajaran daring Berbasis pendekatan Ilmiah. Jawa tengah : CV Sarnu Untung.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dila Lius Dina. 2022. Pengaruh Minat Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Lancang Kuning. Tafidu Jurnal. Vol. 1 No.1.
Hidayatullah, gusniawati, Buhaerah. 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII MTS Yasrib Batu-batu Pada Masa Covid-19. Mathematics Education journal.Vol. 4.No.7 : 1-9.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.
Mardalis. 2014. Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Melini Rahmawati Putri. 2022. Pengaruh Kompetensi Guru Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Siswa Di SMAS Budi Dharma Dumai. Tadzakkur. Vol.2 No.2.
Mimi Zakiah. 2022. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMKN 3 Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Tafidu Jurnal. Vol.1 No.1.
Nina Isnawati, Dhyah Setyorini. 2012. Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pada Kompetensi Mengelola Dokumen Transaksi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Cokrominoto 1 Banjanegara Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia.Vol. 1. No. 1 : 27-47.
Nindiyah Ariyani, Fredy Dwi Wijayanto. 2020. Implementasi Pendidikan Jarak Jauh Dan Media Power point mata pelajaran bahasa Indonesia Kelas XI Di SMA Veteran 1 Sukaharjo. Educatif: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 5. No. 4 : 155-165.
Prof. T.M. Hasbi Ashshiddiqi. 1971. Al-Quran dan Terjemahannya. Jakarta: Yayasan Penterjemah dan Penafsir Al-Quran.
Roudahnur. 2022. Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Siswa di SMA Negeri 5 Dumai. Tadzakkur. Vol. 2 No.2.
Saebani, Beni Ahmad. 2008. Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Sintia Septian, Dr. Oyoh Bariah, Khalid ramdhani. 2021. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Pada Masa Pandemic Covid-19. EDUMASPUL.Vol. 5. No. 2 : 49-55.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya/Slameto. Jakarta: Rineka Cipta
Sukmadinata, Nana Syaodin. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Diterbitkan

2022-11-26