Pengaruh Sarana Belajar Dan Kecerdasan Emosional, Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X Dan Xi Pada Mata Pelajaran Pendidikanagama Islam Di SMKN 3 Dumai

Penulis

  • Riski Caturi Sajun wijaya Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

DOI:

https://doi.org/10.57113/taz.v1i1.240

Kata Kunci:

Sarana belajar, kecerdasan emosional, minat belajar

Abstrak

Minat belajar seseorang dapat dilihat dari keatifan dia dalam mengikuti kegitan belajar, sesorang yang memiliki minat dalam belajar terutama belajar pendidikan agama islam tidak pernah merasa puas terhadap apa yang telah ia peroleh, akan tetapi ia akan terus mempelajari dan mencari tahu lebih banyak tentang ilmu pendidikan agama tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengarsuh sarana belajar dan kecerdasan emosional siswa terhadap minat belajar sisiwa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMK Negeri 3Dumai. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran  kuesioner kepada 240 responden. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dengan bantuan Sofware SPSS 22 Windows 7. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kualitas sarana belajar, kecerdasan emosioal secara bersama sama  memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat belajar sisiwa sebsar 74,8% pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMK Negeri 3Dumai. Secara parsial sarana belajar  memberikan kontribusi positif dan signifikan terhadap minat  belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMK Negeri 3 Dumai. dan kecerdasan emosional memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMK negeri 3 Dumai.

Referensi

Fatmawati, N., Mappincara, A., & Habibah, S. (2019). Pemanfaatan Dan Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 3(2), 118. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i2.9799
Kartika, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Kartika, Sinta. “Pengaruh Kualitas Sarana Dan Prasarana Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7, no. 1 (2019): 1. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 114–126
Rachman, T. (2018). “Pengaruh Konflik Kerja Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Produktivitas Karyawan Pt Bikasoga Bandung (Studi Kasus Pada Divisi Gedung Pertemuan Dan Sarana Olahraga). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27
Safitri, A., & Nurmayanti, N. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Masyarakat Bajo. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(3), 149–159. https://doi.org/10.30651/didaktis.v18i3.1846
Simbolon, N. (2014). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2), 14–19.
WIBOWO, C. T. (2017). Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Kecerdasan Spiritual (Sq) Pada Kinerja Karyawan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 15(1), 1. https://doi.org/10.20961/jbm.v15i1.4108
Winarsih, S. (2018). Pengaruh Fasilitas dan Kreativitas Guru. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http:repository.usd.ac.id

Diterbitkan

2022-11-28