Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Siswa di SMA Negeri 5 Dumai
DOI:
https://doi.org/10.57113/taz.v2i2.239Kata Kunci:
Lingkungan sekolah, perhatian orang tua, kedisiplinan siswaAbstrak
Dalam proses pembelajaran siswa wajib memiliki perilaku disiplin, baik saat pembelajaran berlangsung ataupun di luar proses pembelajaran. Tata tertib sekolah ialah bentuk upaya dalam melatih ketertiban siswa. Lingkungan sekolah menjadi tempat bagi siswa untuk menjalankan kegiatan belajar guna memperoleh ilmu pengetahuan, perubahan sikap dan keterampilan dengan tetap mematuhi dan mentaati peraturan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh lingkungan sekolah dan perhatian orang tua terhadap kedisiplinan siswa di SMAN 5 Dumai. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada siswa. Populasi pada penelitian ini adalah 347 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan rumus isac dan michael sehingga jumlah sampel adalah 151 siswa. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda, dengan bantuan software SPSS 21.0 for Windows. Hasil penelititan menemukan bahwa secara serentak lingkungan sekolah dan perhatian orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan siswa di SMAN 5 Dumai. Penelitian ini merekomendasikan bahwa lingkungan sekolah, baik lingkungan sosial maupun nonsosial harus diterapkan dengan baik supaya benar-benar dapat memberikan sikap disiplin terhadap siswa. Perhatian orang tua juga dapat menjadikan siswa disiplin karena orang tua berperan membentuk karakter anak dirumah
Referensi
Alam, F. A. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Di Smp Negeri 3 Barru. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(1).
Darajat, Z. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Dewi, F. C., & Yuniarsih, T. (2019). Sistem Kompensasi dan Kepuasan Kerja Guru Tidak Tetap di Sekolah SMK Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2).
Endriani, A. (2016). Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMPN 6 Praya Timur Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Realita, 1(2).
Hasbullah, H. (2018). Lingkungan Pendidikan Dalam Al-Qur’an Dan Hadis. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01).
Jessicasari, A., & Hartati, S. C. Y. (2014). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sekolah terhadap Kedisiplinan Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (Studi pada kelas XI di SMAN 3 Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 02(03).
Mulyani, S. (2020). Disiplin Belajar, Kemandirian dan Perhatian Orang Tua: Pengaruhnya bagi Prestasi Belajar Ips. Jawa Tengah: Rumah Kita.
Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Putri, A. N., & Mufidah, N. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kedisiplinan Siswa. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 2(1).
Rahmayana, J. (2020). Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Samudra Biru.
Rohman, F. (2018). Peran Pendidik dalam Pembinaan Disiplin Siswa di Sekolah / Madrasah. Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 4(1).
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syah, M. (2019). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali pers.
Wibowo, A. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter dan Prestasi Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar