Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Sarana Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X Dan Xi Di Sma N 5 Dumai

Penulis

  • Firda Anggraini Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai
  • Mini Andriani Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

DOI:

https://doi.org/10.57113/taz.v2i2.237

Kata Kunci:

Pola asuh orang tua, sarana belajar, kemandirian belajar

Abstrak

Keluarga merupakan tempat utama dan pertama bagi pendidikan seorang anak sehingga pembentukan sikap dan kepribadian sangat dominan. Pola asuh orang tua adalah cara-cara yang digunakan oleh orang tua selama pengasuhannya, terutama dalam memberikan pendidikan dan bimbingan agar anaknya tumbuh dan berkembang sesuai dengan harapannya, baik secara fisik dan psikis. Dan selain pola asuh orang tua, faktor lain yang dapat mempengaruhi kemandirian belajar adalah sarana belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan sarana belajar terhadap kemadirian berlajar siswa kelas X dan XI. Penelitin ini menggunakan penelitian kuantitatif, penelitianini dilakukan  di SMA N 5 Dumai. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI di SMA N 5 Dumai dengan jumlah 347 siswa. Pengambilan sampel digunakan dengan menggunakan rumus slovin sehingga jumlah sampel adalah 186 siswa. teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda, dengan bantuan software SPSS 21.0 for Windows. Hasil penelitian menemukan bahwa pola asuh orang tua dan sarana belajar berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa sebesar 65,3% dan sebesar 34,7% pengaruhi oleh faktor lain yaitu lingkungan sosial, metode belajar, dan  bimbingan belajar.

 

Referensi

Guna, M. S. R., Soesilo, T. D., & Windrawanto, Y. (2019). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA PRIA ETNIS SUMBA DI SALATIGA. PSIKOLOGI KONSELING, 14(1), 340–352. https://doi.org/10.24114/konseling.v14i1.13731

Mulyawati, Y., & Christine, C. (2019). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 21–25. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.990

Nur, J. (2015). Pengaruh sarana belajar terhadap minat belajar siswa kelas viii smp negeri 4 tenggarong jumaidi nur. Jurnal Cemerlang, III, 1–8.

Nurwahyuni. (2013). pengaruh konsep diri siswa dan pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa SMP di Palu Sulawesi Tengah. 2, 67–77.

Santoso, R. (2021). Pengaruh Motivasi dan Sarana Belajar Online Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa FEB Institut Asia di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(1), 2021.

Sri Mulyani, S. P. (2020). Disiplin Belajar, Kemandirian, dan Perhatian Orang Tua: Pengaruhnya Bagi Prestasi Belajar IPS. Penerbit Rumah Kita.

Sudarwo, R., Yusuf, Y., & Anfas, A. (2018). PENGARUH SARANA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA (Studi Empirical Pada Mahasiswa Beasiswa Bidikmisi UPBJJ-UT Ternate). Jurnal Pendidikan, 19(2), 68–83. https://doi.org/10.33830/jp.v19i2.152.2018

Surahman, B. (2021). korelasi pola asuh attachment parenting terhadap perkembangan emosional anak usia dini. In Nuevos sistemas de comunicación e información.

Tridhonanto, A., & Agency, B. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis.

Yohanes Sugandi, A. P. (2021). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Sekolah (MPPKS-SAR). In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Diterbitkan

2022-09-20