Pengaruh Pemahaman Pendidikan Agama Islam Dan Keteladanan Guru Terhadap Perilaku Sosial Siswa SMA N 4 Dumai
DOI:
https://doi.org/10.57113/taz.v2i2.236Kata Kunci:
Pemahaman pendidikan agama islam, keteladanan guru, perilaku sosial siswaAbstrak
Perilaku sosial yang tidak baik dapat menghambat tujuan pembelajaran, sehinggaberkurangnyanilai dari keefektifan dan keefesienan yang kemudian akan mempengaruhi pola keteraturan yang telah dibentuk dan dijalankan. Perilaku sosial siswa terlihat masih terdapat kurangnya tenggang rasa dan tolong menolong, siswa kurang mempedulikan kebersihan dan juga terdapat siswa yang melanggar aturan aturan, maka dilakukan penelitian yang bertujuan mengetahui pengaruh pemahaman pendidikan agama islam dan keteladanan guru terhadap prilaku sosial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMAN 4 Dumai berjumlah 400 siswa yang beragama islam. Pengambilan sampel dilakukan dengan rumus isac dan michael sehingga jumlah sampel adalah 186 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada 186 siswa. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda, dengan bantuan software SPSS 21.0 for Windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara serentak pemahaman pendidikan agama islam dan keteladanan guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku sosial siswa kelas X dan XI yang beragama islam di SMAN 4 Dumai. Dari hasil perhitungan SPSS menujukkan pengaruh pemahaman pendidikan agama islam dan keteladanan guru sebesar 34,5% dan sisanya 65,5% dipengaruhi oleh faktor lain.
Referensi
Asmani, J. M. (2010). Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif. Diva Press.
Asrori, M. (2008). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. PT.Bumi Aksara.
Daradjat, Z. (2000). Zakiah Daradjat, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Bumi Aksara.
Faizah, Ismiatul, & Mukhlisin. (2017). Pengaruh Pemaham PAI terhadap Perilaku Sosial Siswa di SMK Unggulan NU Mojoagung Jombang. Jurnal Pendidikan Islam, 1.
Mercer, J., & Clayto, D. (2012). Psikologi Sosial. Erlangga.
Notoatmodjo, S. (2013). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. PT. Rineka Cipta.
Setyaningsih, N. (2017). Pengaruh keteladanan guru Terhadap Kedisiplinan Siswa di MTsN 1 Lampung Timur. Institut Agama Islam Negeri (iain) Metro.
Sudarni. (2020). Pengaruh Keteladanan Guru PAI terhadap Karakter Peserta Didik Di SMP N 2 Pitu Riase Kabupaten Sidenreng Rappang. Institut Agama Islam Negeri(IAIN) Parepare.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana.
Syahidin. (2009). Menelusuri Metode Pendidikan Dalam Al-Quran. (Bandung: Alfabeta, 2009) h.150. Alfabeta.
Zahroh, A. (2015). Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Yrama Widya.