Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Google Classroom dan Media Sosial Youtube Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Negeri 2 Dumai
DOI:
https://doi.org/10.57113/taz.v2i2.234Kata Kunci:
Google classroom, media sosial youtube, motivasi belajar siswaAbstrak
Media Pembelajaran adalah sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dalam proses belajar mengajar sehingga dapat merangsang perhatian siswa. Dengan hadirnya media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam pembelajaran adalah tuntutan kepada siswa untuk meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media pembelajaran google classroom dan media sosial youtube terhadap motivasi belajar siswa di SMK Negeri 2 Dumai. Variabel google classroom dan media sosial youtube pada penelitian ini sama sama dapat dimanfaatkan guna memudahkan guru dan siswa dalam melakukan kegiatan belajar mengajar tanpa terikat tempat dan waktu. Data yang di gunakan pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran angket. Jumlah populasi dari dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMKN 2 Dumai yang berjumlah 589 siswa, dengan berpedoman pada rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 238 responden. Data diolah menggunakan analisis regresi berganda bantuan SPSS 21. Hasil penelitian menemukan bahwa google classrom berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar di SMK Negeri 2 Dumai. Media sosial youtube berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa di SMK Negeri 2 Dumai. penggunaan media pembelajaran google classroom, media sosial youtube secara bersama-sama memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa di SMK Negeri 2 Dumai.
Referensi
Huwaidah, A. I. (2019). ). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Youtube Terhadap Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya Di SDN 1 Nologaten Ponorogo Tahun Ajaran 2018/2019.
Intan, P. (2017). Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada.
Pinandhito, K., Martia, D. Y., & Prasetya, B. (2020). How I use google classroom as a teacher and student. Jawa Barat: CV Jejak
Ridwan, T., & Umam, A. F. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(1).
Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tohari, H., & Bachri, B. S. (2018). Pengaruh penggunaan YouTube. Jurnal Teknologi Pendidikan, 07(01).