Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Yayasan Nurul Islam Lubuk Gaung
DOI:
https://doi.org/10.57113/taz.v1i1.21Kata Kunci:
Kepemimpinan Kepala Madrasah, Iklim Sekolah, Kinerja GuruAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru di Yayasan Nurul Islam. (2) Pengaruh Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru di Yayasan Nurul Islam. (3) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Iklim Sekolah secara serentak terhadap Kinerja Guru di Yayasan Nurul Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrument penelitian bertempat di Yayasan Nurul Islam. Sampel pada penelitian ini berjumlah 35 guru. Pengumpulan data melalui angket, dokumentasi, observasi. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikoleniaritas, uji autokorelasi dan uji heterokedastisitas. Teknik analisa data adalah teknik analisis regresi dan korelasi product moment (person). hasil penelitian adalah : (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru dengan presentase sebesar 99% dan sisanya 1% dipengaruhi oleh faktor lain selain kepemimpinan kepala madrasah. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan iklim sekolah terhadap kinerja guru dengan presentase sebesar 60,6% dan sisanya 39,4% dipengaruhi oleh faktor lain selain iklim sekolah. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Iklim Sekolah secara bersama- sama terhadap Kinerja Guru di Yayasan Nurul Islam dengan presentase sebesar 99,5% dan sisanya 0,5% dipengaruhi oleh faktor lain.