Pengaruh Pelayanan Administrasi Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Kepuasan Peserta Didik Di MTs Al Munawwarah Dumai

Penulis

  • Siti Thoyibah Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin

DOI:

https://doi.org/10.57113/taz.v1i1.19

Kata Kunci:

Kepuasan Peserta Didik, Kinerja Guru, Pelayanan Administrasi Sekolah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh pengaruh pelayanan administrasi sekolah terhadap kepuasan peserta didik di MTs Al Munawwarah Dumai. (2) pengaruh kinerja guru terhadap kepuasan peserta didik di MTs Al Munawwarah Dumai. (3) pengaruh pelayanan administrasi sekolah dan kinerja guru secara bersama- sama terhadap kepuasan peserta didik di MTs Al Munawwarah Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrument penelitian bertempat di MTs Al Munawwarah Dumai. Sampel pada penelitian ini berjumlah 60 siswa. Pengumpulan data melalui angket, dokumentasi, observasi. Hasil penelitian adalah : (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pelayanan administrasi sekolah terhadap kepuasan peserta didik dengan presentase sebesar 29,6% dan sisanya 70,4% dipengaruhi oleh faktor lain selain pelayanan administrasi. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kinerja guru terhadap kepuasan peserta didik dengan presentase sebesar 34,2% dan sisanya 65,8% dipengaruhi oleh faktor lain selain kinerja guru. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pelayanan administrasi sekolah dan kinerja guru secara bersama- sama terhadap kepuasan peserta didik dengan presentase sebesar 37,9% dan sisanya 62,1% dipengaruhi oleh faktor lain.

Diterbitkan

2021-06-16