Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak dan Lingkungan Sekolah Terhadap Pendidikan Karakter Siswa MTs Al – Falah Dumai

Penulis

  • Nurhayati Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin

DOI:

https://doi.org/10.57113/taz.v1i1.18

Kata Kunci:

Pembelajaran Akidah Akhlak, Lingkungan Sekolah, Pendidikan Karakter

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) Pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap pendidikan karakter siswa MTS Al – Falah Dumai. (2) Pengaruh lingkungan sekolah terhadap pendidikan karakter siswa MTS Al – Falah Dumai. (3) Pengaruh pembelajaran akidah akhlak dan lingkungan sekolah terhadap pendidikan karakter siswa MTS Al – Falah Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrument penelitian bertempat di MTS Al – Falah Dumai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MTS Al - Falah Dumai dengan jumlah 291 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan rumus slovin dari jumlah populasi sehingga jumlah sampel adalah 168 siswa. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada 168 siswa. Penguji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah : (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap pendidikan karakter dengan persentase 50,3% dan sisanya 49,7% dipengaruhi oleh faktor lain selain pembelajaran akidah akhlak. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengaruh lingkungan sekolah terhadap pendidikan karakter dengan persentase 52,9% dan sisanya 47,1% dipengaruhi oleh faktor lain selain lingkungan sekolah. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengaruh pembelajaran akidah akhlak dan lingkungan sekolah terhadap pendidikan dengan persentase 85% dan sisanya 15% dipengaruhi faktor lain.

Diterbitkan

2021-06-16