Pengaruh Interaksi Teman Sebaya dan Keteladanan Guru Terhadap Perilaku Sosial Siswa di SMK Taruna Persada Dumai

Penulis

  • Nadya Dwi Cahyati Institute Agama Islam Tafaqquh Fiddin

DOI:

https://doi.org/10.57113/taz.v1i1.17

Kata Kunci:

interaksi teman sebaya, keteladanan guru, perilaku sosial

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh interaksi teman sebaya terhadap perilaku sosial siswa, 2) Pengaruh keteladanan guru terhadap perilaku sosial siswa di SMK Taruna Persada Dumai; 3) Pengaruh interaksi teman sebaya dan keteladanan guru secara serentak terhadap perilaku sosial siswa di SMK Taruna Persada Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK Taruna Persada Dumai dengan jumlah 283 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan rumus Slovin sehingga jumlah sampel adalah 166 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada 166 siswa. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda, dengan bantuan software SPSS 21.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi teman sebaya, keteladanan guru secara bersama memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perilaku sosial siswa. Secara parsial, interaksi teman sebaya memberikan kontribusi yang positif dan signifikan terhadap perilaku sosial siswa. Begitu juga dengan keteladanan guru yang memberikan kontribusi yang positif dan signifikan.

Diterbitkan

2021-05-31