Pengaruh Konsep Diri dan Kenakalan Siswa Terhadap Hasil Belajar di SMK Negeri 1 Dumai
DOI:
https://doi.org/10.57113/taz.v2i1.122Kata Kunci:
Konsep Diri, Kenakalan Siswa, Hasil Belajar PAIAbstrak
Pengaruh Konsep Diri dan Kenakalan Siswa Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa di SMK Negeri 1 Dumai Di Bimbing Oleh Tuti Syafrianti, M.Pd dan Imam Wahyudi, M.Pd.I Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa konsep diri dalam belajar dan kenakalan siswa siswa dapat mempengaruhi hasil belajar PAI siswa. Dampak konsep diri dan kenakalan siswa itu sangat penting. Sehingga konsep diri dan kenakalan siswa saling berkaitan untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh konsep diri dan kenakalan siswa terhadap hasil belajar PAI siswa. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada 177 siswa kelas XI dan data sekunder yaitu nilai hasil belajar PAI yang diperoleh dari dokumen guru pelajaran PAI kelas XI dengan menggunakan analisis sederhana dan berganda, dengan menggunakan Software SPSS 21.0 For Windows. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa konsep diri dan kenakalan siswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar PAI siswa di SMK Negeri 1 Dumai sebesar 75,3% terhadap hasil belajar PAI siswa, dan 24,7% dipengaruhi variabel lain diluar konsep diri dan hasil belajar yang memberikan kontribusi terhadap hasil belajar PAI siswa di SMK Negeri 1 Dumai.