Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Media Gadget Terhadap Perkembangan Karakter Siswa di SMAN 2 Dumai Kelas Tiga

Penulis

  • Anisa Nurjanah Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

DOI:

https://doi.org/10.57113/taz.v2i1.119

Kata Kunci:

Lingkungan Keluarga, Media Gadget, Perkembangan Karakter

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan karakter siswa di SMAN 02 Dumai kelas 3. (2) pengaruh media gadget terhadap perkembangan karakter di SMAN 02 Dumai kelas 3. (3) pengaruh lingkungan keluarga dan media gadget secara Bersama-sama terhadap perkembangan karakter siswa di SMAN 02 Dumai kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrument penelitian bertempat di SMAN 02 Dumai. Sampel pada penelitian ini berjumlah 200 siswa. Pengumpulan data melalui angket, dokumentasi, observasi. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikoleniaritas, uji autokorelasi dan uji heterokedastisitas. Teknik analisa data adalah teknik analisis regresi dan korelasi product moment (person). hasil penelitian adalah: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap perkembangan karakter dengan presentase sebesar 36% dan sisanya 64% dipengaruhi oleh factor lain selain lingkungan keluarga. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan media gadget terhadap perkembangan karakter siswa dengan presentase sebesar 36,7% dan sisanya 63,3% dipengaruhi oleh faktor lain selain media gadget. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga dan media gadget secara Bersama-sama terhadap perkembangan karakter siswa dengan presentase sebesar 36,5% dan sisanya 63,5% dipengaruhi oleh faktor lain.

Diterbitkan

2022-04-05