Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas X Di SMK Negeri 1 Dumai
DOI:
https://doi.org/10.57113/taz.v5i1.314Keywords:
Kemandirian belajar, perhatian orang tua, kreativitas belajarAbstract
Kreativitas belajar sangat diperlukan siswa sebagai subjek yang melakukan proses belajar. Tanpa adanya kreativitas dalam belajar siswa tidak akan mampu bersaing dan menjadi lulusan yang berhasil memberikan ide-ide gagasan kreatif dalam menghadapi atau meneylesaikan masalah. Kreativitas belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu faktor kemandirian dan perhatian orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan perhatian orang tua terhadap kreativitas belajar siswa di SMKN 1 Dumai. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan penelitian kuantitatif.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa belajar kelas X di SMKN 1 Dumai. data diperoleh melalui penyebaran angket. Kemudian data diolah dan dianalisis menggunakan bantuan apliksai spss 21. Hasil penelitian menunjjukkan bahwa pengaruh kemandirian belajar dan perhatian orang tua terhadap kreativitas belajar siswa berpengaruh 46% dan sebesar 54% dipengaruhi oleh faktor lain