Pengaruh Minat Membaca Al-Qur’an Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Pai Siswa Kelas X Dan Xii Di Sma Budi Dharma Dumai
DOI:
https://doi.org/10.57113/taz.v4i1.312Keywords:
Minat membaca al-qur’an, kecerdasan emosional, hasil belajar PAI siswaAbstract
Hasil belajar merupakan suatu nilai yang dicapai oleh seorang peserta didik selama memperoleh pembelajaran dalam menuntut ilmu.Dengan mengetahui hasil belajar, maka dapat diketahui seberapa jauh seorang peserta didik memahami dan menguasai materi yang telah diberi oleh guru.Ada beberapa faktor yang mempempengaruhi hasil belajar siswa, salah satunya yaitu minat membaca al-qur’an dan kecerdasan emosional.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh minat membaca al-qur’an, kecerdasan emosional terhadap hsil belajar pai siswa kelas X dan XI di SMA Budi Dharma Dumai. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 98 responden.Aanlasis data menggunakan Analasis Deskriptif dan Regresi Linear Berganda dengan bantuan software SPSS 21 Windows 10. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh minat membaca al-qur’an.kecerdasan emosional memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar pai siswa di SMA Budi Dharma Dumai dengan kontribusi sebesar 64,5%. Secara parsial minat membaca al-qur’an memberikan kontribusi positif dan signifikan terhadap hasil belajar pai siswa dan kecerdasan emosional memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar pai siswa di SMA Budi Dharma Dumai.