Gaya Dan Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Santri

Authors

  • Imam Wahyudi Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

DOI:

https://doi.org/10.57113/taz.v3i2.291

Keywords:

Gaya kepemimpinan, strategi kepemimpinan, prestasi santri

Abstract

Gaya kepemimpinan yang terdapat dalam setiap organisasi dipandang sebagai suatu proses kunci bagi keberhasilan organisasi yang bersangkutan. Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu. Kualitas pendidikan santri merupakan kemampuan santri dalam bidang pendidikan yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan public atau pelanggan pendidikan dan pengguna jasa pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui gaya dan strategi kepemimpinan kepala madarasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan santri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Objek pada penelitian ini adalah gaya dan  strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan santri. Subjek pada penelitian ini adalah subjek penelitian adalah kepala madrasah, ustadz, santri serta tenaga kependidikan madrasah diniyah al-Amiriyyah. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah diniyah al-Amiriyyah dalam menjalankan roda kepemimpinannya menggunakan gaya kepemimpinan kharismatik dan demokratik. Sedangkan strategi kepemimpinan yang dilakukan oleh kepala madrasah diniyah al-Amiriyyah  yaitu dengan memberikan pelajaran non formal madrasah diniyah seperti halnya sorogan, bandongan, wetonan dan bahtsu masail. Gaya dan strategi kepemimpinan yang dilakukan kepala madrasah diniyah al-Amiriyyah ini berkaitan penting dan sangat berpengaruh dengan upaya peningkatan kualitas santri di Madrasah Diniyah al-Amiriyyah Blokagung Banyuwangi.

 

Downloads

Published

2023-02-12